PKH akan mulai
Kepala Dinas Sosial Kotamobagu, Muljadi Suratinoyo

KOTAMOBAGU – Dinas Perikanan, Perkebunan dan Peternakan (Dispertanak), terus melakukan pengawasan, guna mengantisipasi terjadinya penyebaran firus flu burung pada unggas. Hal ini dikatakan Kepala Dispertanak, Muljadi Suratenodjo, melalui Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Peternak, (Kespet), Sri Anggraini.

“Pengawasan itu adalah bagian dari tugas dan upaya kami bagaimana agar unggas-unggas piaraan para peternak yang ada di Kotamobagu bisa sehat dan terhindar dari firus flu burung,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini di Kotamobagu, terdapat 67 peternak unggas.

“Jadi kami datangi setiap kandang-kandang ayam yang ada, sambil mendata, kami berikan juga sosialisasi penerapan biosicuruty, seperti penyemprotan kandang dan bagaigaimana kebersihan kandang itu,” ujarnya

Menurutnya, jumlah tersebut terbagi dari 31 peternak ayam petelur mandiri, 20 peternak ayam pedaging, dan 16 peternak ayam pedaging mandiri.

“Itu terbagi di empat kecamatan diantaranya, 31 peternak ayam petelur terbagi di Kotamobagu Timur ada 5 peternak dan kecamatan Kotamobagu selatan ada 26 peternak. Sedangkan Peternak ayam pedaging ada 20 peternak yang terbagi di Kecamatan Kotamobagu Utara ada 7 peternak, Selatan ada 10 peternak, Timur ada 3 peternak dan untuk peternak ayam oedaging mandiri itu ada 16 peternak yang terbagi di kecamatan kotamobagu utara 3 peternak, timur 3 peternak, selatan 3 peternak dan Kotamobagu Barat 1 peternak,” pungkasnya.