KOTAMOBAGU– Apakah yang pertama kali muncul di benak Anda ketika mendengar kata bawang merah? Rempah-rempah yang satu ini menjadi salah satu bahan makanan pokok di seluruh Indonesia. Bahan makanan ini bisa dimakan baik dalam keadaan mentah maupun sudah diolah.

Tak hanya sedap rasanya, bawang merah juga punya banyak manfaat menakjubkan yang mungkin baru Anda ketahui.

Bahan makanan berjenis umbi akar tersebut mengandung antibakteri dan antiseptik. Bawang merah banyak digunakan untuk menambah rasa gurih dan sedap pada makanan.

Meski berbentuk mungil, bawang merah bisa membuat anda menangis. Jika tak berhati-hati saat mengiris atau memotongnya, cairan bawang merah akan memberikan sensasi perih di mata anda.

Di Kotamobagu, tanaman ini cocok untuk dibudidayakan. Tanah yang subur dan cuaca yang dingin, akan membuat pertumbuhan bawang merah semakin baik dan bisa diproduksi dalam jumlah yang besar.

“Keuntungan dari bertani bawang merah itu sangat besar. Pasalnya, bawang merah termasuk dalam kategori komoditi yang sangat dibutuhkan,” kata Kepala Dinas Pertanian Kotamobagu, Muljadi Surotenodjo, Rabu (13/02/2019).

Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu pun akan memfasilitasi petani yang ingin membudidayakan tanaman bulanan ini.

“Sebelumnya ada juga yang kami bantu untuk budidaya bawang merah di Desa Poyowa Besa. Kami bantu mulai dari traktor sampai pompa,” ujarnya.

“Sebenarnya kami menginginkan petani di Kotamobagu itu tidak hanya fokus di tanaman jagung. Bawang merah kan bisa dan sudah ada contoh. Kami siap memfasilitasi apa yang dibutuhkan, selagi itu bisa kami bantu,” pungkas Muljadi.