Tahlis Gallang di rumah salah satu keluarga penerima manfaat. (Foto:PMnews/Ismail)

BOLMONG – Sekertaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Gallang, Kamis (14/02/2019) melihat langsung program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RUTILAHU) di Desa Mopait Kecamatan Lolayan.

Tahlis datang ke lokasi pembangunan RTLH didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Abdul Haris Bambela, Kepala Bidang Fakir Miskin Dinsos Bolmong, Imran Toloy dan Kepala Desa Mopait, Ruslan Bonuot. Keluarga penerima manfaat sosial menerima langsung kehadiran panglima ASN Bolmong itu.   

Kehadiran panglima ASN Bolmong ini untuk memastikan pemberian bantuan tepat sasaran. Keluarga yang menerima benar-benar yang membutuhkan bantuan rumah.

Ditempat yang sama, Imran Toloy menjelaskan bahwa bantuan diperoleh dari program Kementerian Sosial RI. Dikatakannya, Bolmong pada tahun 2018 mendapat bantuan 70 unit rehab RTLH  yang terbagi di 5 kecamatan.

“Rinciannya yakni, Kecamatan Lolayan 31 unit, Kecamatan Dumoga 1 unit, Kecamatan Passi Barat 1 unit, Kecamatan Bolaang Timur 18 unit dan Kecamatan Lolak 19 unit,” kata Imran.

Ia melanjutkan, anggaran untuk merehabilitasi ke 70 unit RTLH itu bersumber dari APBN tahun 2018 yang tertata di Kementerian Sosial sebesar 1 Miliar lebih.

“Desa Mopait sendiri ada 12 unit rumah. 11 unit bangun baru dan 1 unit rehab,” katanya.

Desa Mopait untuk program sosial rehabilitasi RTLH mengusulkan sebanyak 50 unit rumah namun baru terealisasi 12 unit rumah. Kepala Desa Mopait, Ruslan Bonuot berharap sisanya dapat terealisasi pada tahun 2019.

“Mudah-mudahan sisanya bisa direhabilitasi tahun ini,” imbuhnya.

Penulis : Ismail Ambaru