KOTAMOBAGU- Wali Kota Tatong Bara selalu menekankan agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkot Kotamobagu, agar memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat secara prima.

Sebagai kota yang mengusung konsep Smart City, berbagai sistem pelayanan berbasis teknologi dikembangkan.

Itu agar memudahkan masyarakat dalam mendapatkan hak pelayanan dari pemerintah.

Seperti Sistem Keluhan Masyarakat (SiKemas) milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu.

Lewat Aplikasi yang bisa diunduh lewat Playstore smartphone ini, setiap masyarakat bisa mengirimkan pesan keluhan terhadap proses pelayanan publik.

“Aplikasi ini bisa didownload lewat Playstore secara gratis oleh masyarakat. Nah, dengan aplikasi ini, apapun yang menyangkut keluhan terkait pelayanan bisa disampaikan,” ujar Kepala Data Center, Diskominfo, Rudy Yuanto Unu.

Kepala Dinas Kominfo, Ahmad Yani Umar menambahkan, SiKemas merupakan aplikasi yang terintegrasi di setiap OPD.

“Jika ada keluhan masuk, itu langsung terhubung ke dinas terkait. Dari keluhan itu, pemerintah langsung bertindak cepat memenuhi keluhan masyarakat,” ujarnya.

Tak hanya itu lanjut Yani, keluhan melalui SiKemas juga diketahui Wali Kota dan Wakil Walikota Kotamobagu.

“Semua menyangkut keluhan itu langsung ke Ibu Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Sehingga itu, Ibu Wali Kota selalu menegaskan untuk setiap OPD hingga ke tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan agar memaksimalkan pelayanan,” kata Yani.

“Saat ini ada sejumlah keluhan yang masuk lewat SiKemas. Pemerintah pun merespon cepat atas keluhan itu dan langsung melakukan penanganan,” tambahnya.