KOTAMOBAGU- Program Singgai Tumomongondow (Hari Berbahasa Mongondow) yang diwajibkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Kotamobagu terus dimaksimalkan.

Setiap hari Kamis, setiap ASN diharuskan menggunakan bahasa Mongondow selama jam kerja berlangsung.

Seperti saat apel pagi. Pantauan Portalmongondow.com, Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesos) Setda Kotamobagu, Adin Mantali, bertindak sebagai pemimpin apel pagi yang rutin dilaksanakan.

Saat memberikan sambutan di hadapan PNS dan tenaga harian lepas (THL), Adin menggunakan bahasa Mongondow.

“Singgai na’a, kita komintan wajib tumomongondow. Sin na’a program Walikota bo Wakil Walikota Kotamobagu, ( Hari ini, kita semua wajib menggunakan bahasa Mongondow saat berinteraksi satu sama lain, karena ini adalah program penting dari Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu,” kata Adin dalam sambutannya.

Usai apel, Adin mengatakan, program tersebut penting untuk dijalankan. Sebab, dengan dijadikan kebiasaan, budaya Mongondow akan terus terlestarikan.

“Kita berupaya agar bahasa kita yakni bahasa Mongondow bisa terus dijaga dan dilestarikan. Apalagi saat ini banyak generasi kita yang sudah tak bisa berbahasa daerah. Sehingga itu setiap hari Kamis kita wajib berbahasa daerah agar tersosialisasi dengan baik,” ujarnya.

Ia berharap, program tersebut akan bisa membawa dampak positif demi melestarikan budaya bahasa Mongondow.

“Jangan malu berbahasa Mongondow. Ini adalah identitas kita sebagai putra dan putri tanah Totabuan,” ajaknya.