KOTAMOBAGU- Petugas Linmas (Hansip) berkewajiban menjaga keamanan dan ketertiban umum di desa dan kelurahan sesuai wilayah kerja mereka masing-masing.

Melakukan ronda setiap malam dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang mengganggu kenyamanan warga setempat.

Meski begitu, banyak keluhan dari masyarakat yang menyebut banyak Hansip yang hanya bermain kartu di pos jaga saat jam kerja berlangsung.

Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu, Adnan Massinae menegaskan, agar setiap Lurah dan Kepala Desa mengevaluasi kinerja Hansip.

Bahkan, Satpol-PP yang bertanggung jawab mengawasi kinerja Hansip, diminta untuk melakukan pemberhentian bagi Hansip yang tidak bisa bekerja sesuai tugas dan fungsinya.

“Banyak laporan yang saya terima terkait kinerja Hansip yang hanya bermain kartu saja saat kerja. Padahal mereka digaji oleh masyarakat untuk menjaga Kamtibmas,” kesal Adnan, Selasa (19/02/2019).

Ia pun meminta agar Satpol-PP sebagai fungsi pengawasan, pembinaan dan monitoring, untuk melakukan evaluasi segera mungkin.

“Sanksinya diberhentikan jika memang sudah tidak mampu bekerja. Jangan saat melakukan penjagaan di malam hari, terus hanya main kartu saja kerjaannya,” pungkasnya.