KOTAMOBAGU– Obesitas bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah karena asupan makanan pemicu obesitas yang dikonsumsi secara berlebihan. Ketahui beragam jenis makanan yang dimaksud agar Anda dapat berhati-hati.

Apalagi, obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun rawan akan terkena obesitas jika asupan makanan tak seimbang.

Di Kotamobagu, Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat lebih dari 20 Pesen Warga mengalami obesitas. Rata-rata penyebabnya karena pola hidup yang tak sehat.

“Asupan makanan harus diperhatikan. Olahraga pun penting dilakukan untuk membakar lemak yang menumpuk yang akhirnya memicu obesitas,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, Devie CH Lala, Kamis (14/02/2019).

Meski demikian, kasus obesitas di Kotamobagu lanjut Devie, masih dalam kategori tidak berat.

“Obesitas sangat berbaghaya bagi tubuh, tidak hanya beresiko terhadap penyakit tertentu seperti kencing manis, gangguan hormonal, masalah persendian, asal lambung dan sesak nafas, tetapi juga bisa memicu depresi yang berujung kematian,” jelasnya.

Dilansir dari laman Klikdokter, berikut 5 Makanan Yang Mampu Memicu Obesitas.

1. Gorengan

Gorengan memang berpotensi tinggi menyebabkan obesitas. Sebenarnya apa yang membuat gorengan menyebabkan kegemukan bukanlah karena deretan bahan pokoknya, melainkan karena minyak yang digunakan untuk menggoreng.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, proses menggoreng membuat nutrisi pada tempe, tahu, dan pisang jadi “ternoda”. Sebab, biasanya minyak yang digunakan untuk menggoreng memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans. Apalagi, biasanya tukang gorengan jarang mengganti minyak mereka.

2. Kentang goreng

Anda sering mengonsumsi kentang goreng? Makanan ini banyak ditemukan di gerai-gerai makanan cepat saji. Jika Anda kecanduan makanan ini, waspadalah. Karena mungkin Anda akan mengalami kenaikan berat badan yang tidak terkendali. Kentang goreng di restoran yang rasanya begitu lezat bisa membahayakan tubuh Anda.

3. Soda

Pernah bertanya-tanya mengapa Anda mendapatkan berat badan begitu cepat meskipun memiliki diet yang terkontrol? Coba ingat lagi minuman apa saja yang Anda konsumsi.

Salah satu minuman yang bisa menyebabkan obesitas adalah soda. Minuman ini biasanya dibuat dari sirup jagung yang dimodifikasi secara genetik. Kalori tinggi tanpa nilai gizi menjadikan minuman ini mudah menambah berat badan Anda.

4. Daging berlemak

Daging sapi dan babi mungkin lezat. Tetapi, mengonsumsinya tanpa terkontrol bisa membuat Anda kegemukan. Sebab, lemak dari daging terlalu berat dan berbahaya bagi jantung jika dikonsumsi secara berlebihan.

5. Makanan siap saji

Makanan beku, makanan olahan, dan makanan yang dilabeli “siap makan” mengandung lemak trans atau asam lemak trans tinggi. Lemak jenuh dan lemak trans adalah jenis lemak yang sangat jahat bagi tubuh manusia. Selain itu, penggunaan minyak dalam mengolah gorengan juga menjadikan camilan ini turut berperan membuat perut buncit.