Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling. Foto : Facebook/Welty Komaling.

BOLMONG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menginginkan program bantuan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) pada 2019 ini, harus benar-benar tepat sasaran.

Welty menyayangkan jika bantuan untuk masyarakat kurang mampu itu, digunakan sebagai alat kepentingan politik partai tertentu.

“Sebagai wakil rakyat yang diberikan tanggungjawab mengawal kepentingan rakyat melalui lembaga DPRD, saya ingatkan bantuan RTLH jangan digunakan sebagai komiditi politik partai tertentu,” kata Welty, Rabu (16/01/2019).

Dijelaskannya, anggaran RTLH yang masuk di Bolmong bersumber pada Anggaran Pendapatkan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Dengan total APBD Rp6 miliar, dan juga APBN ada 400 rumah untuk daerah. Maka saya ingatkan itu harus sampai ke masyarakat yang berhak menerima,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan, bahwa pihak legislatif akan mengawal bantuan yang diperuntukkan ke masyarakat.

“Kami akan kawal setiap bantuan baik dari APBD maupun APBN. Jangan sampai hanya karena ada kepentingan politik akhirnya tidak tepat sasaran,” katanya.

Bahkan, Welty mengajak masyarakat agar berani melaporkan ke DPRD jika ada oknum atau kelompok yang memanfaatkan bantuan RTLH untuk menguntungkan kepentingan partai tertentu di Bolmong.

“Program RTLH adalah program pemerintah yang wajib hukumnya sampai kepada masyarakat. Bantuan RTLH harus tepat sasaran. Jika ada yang menyalahgunakan untuk komoditi politik, sampaikan ke DPRD selaku lembaga perwakilan rakyat,” pungkasnya.

Penulis : Ismail Ambaru