KOTAMOBAGU- Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, mengucapkan selamat kepada anggota PPK dan PPS se-kota Kotamobagu yang baru dilantik dan dikukuhkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kotamobagu.

“Selamat, Insha Allah tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan ini dilaksanakan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab, ” ucap Nayodo saat memberikan sambutan pelantikan dan pengukuhan PPK dan PPS di Kantor KPU Kotamobagu,  Rabu (02/01/2019).

Menurut mantan Ketua KPU Kotamobagu ini, pelaksanaan Pemilu baik pemilihan umum legislatif maupun Pilpres 2019, merupakan sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang berdasarkan Pancasila sebagaimana yang menjadi amanat undang-undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia 1945.

“Bahwa tuntutan demokrasi mengharuskan Pemilu diselenggarakan secara lebih berkualitas melalui partisipasi rakyat yang seluas-luasnya, serta harus dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Dalam konteks yang demikian ini, maka tentunya penyelenggara pemilu sebagai sarana perwujudan dari kedaulatan rakyat untuk mengakomodir hak-hak politik rakyat, ” ujarnya.

Nayodo menjelaskan, kesiapan elemen penyelenggara sebagai kuci suksesnya pelaksanaan pemilihan umum yang akan dilaksanakan 17 April 2019 mendatang.

“Kesiapan yang saya maksudkan ini, bukan hanya terfokus pada bagaimana lembaga pemilihan  umum dapat terbentuk serta melaksanakan seluruh proses dalam tahapan penyelenggaraan umum. Akan tetapi bagaimana kita semua dapat memberikan penjelasan kepada seluruh masyarakat tentang makna hakiki dari pelaksanaan kegiatan pemilihan umum, sehingga pada saatnya nanti seluruh masyarakat akan mampu serta berpartisipasi secara aktif dari pelaksanaan dan kegiatan pemilihan umum,” tandasnya.

Selain itu, ia berharap petugas PPK dan PPS dapat lebih profesional dan mempunyai intergritas, karena KPU Kota Kotamobagu memiliki sejarah yang baik dalam proses penyelenggaran pemilu.

“PPK dan PPS dalam proses perhitungan surat suara nanti diharapkan selalu teliti, fokus, profesional dan jujur,” harapnya.