berpotensi gantikan tahlis
Mantan Sekda Kotamobagu, Tahlis Gallang SIP, MM, yang kini menjabat Sekda Kabupaten Bolmong

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), membuka seleksi terbuka Pejabat Tinggi Pratama untuk mengisi 20 kursi pejabat struktural eselon II.

Seleksi ini diikuti 122 Aparatur Sipil Negara (ASN) Bolmong. Mereka melakukan pendaftaran yang dibuka sejak beberapa waktu lalu. Proses pendaftaran pun resmi ditutup Rabu (09/01/2019) kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang mengatakan, dibukanya seleksi jabatan tersebut, merupakan upaya penguatan kinerja organisasi, dan menata kelola organisasi pemerintahan menjadi semakin profesional serta dapat berjalan dengan baik.

“Harapan kita semua adalah kinerja organisasi yang semakin profesional. Lewat seleksi ini juga merupakan salah satu penguatannya,” kata Tahlis, Kamis (20/01/2019).

Hal itu lanjut mantan Sekkot Kotamobagu ini, telah dijelaskan dalam UUN nomor 5 tahun 2014 yang tertuang dalam pasal 68 ayat (2).

“Pengangkatan PNS dalam jabatan tertentu, ditentukan berdasarkan perbandingan objektif antara kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan yang dimiliki oleh pegawai,” jelasnya.

“Tidak mungkin dilakukan langsung rotasi atau mutasi tanpa melalui suatu proses apalagi Undang-Undang ASN telah mengamanatkan untuk seleksi terbuka bagi JPT pratama wajib dilakukan,” tandasnya.