KOTAMOBAGU– Angka kecelakaan di seluruh Indonesia didominasi oleh kaum muda, yakni usia 15-37 tahun. Usia yang masih produktif yaitu sebesar 55.6% dan secara spesifik 28.12% korban berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Kondisi ini mendorong Satuan Lalulintas Polres Kotamobagu untuk menekan angka kecelakaan lewat sosialisasi Millenial Road Safety Festival (MRSF) yang menyasar generasi Milenial.

Kasat Lantas Polres Kotamobagu, AKP Magdalena A Sitinjak SIK, mengatakan,  selain sosialisasi tatap muka bersama siswa sekolah di Kotamobagu, juga dilakukan pemasangan baliho tertib berlalu lintas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan generasi muda milenial Bolaang Mongondow Raya khususnya di Kotamobagu yang tertib berlalu lintas. Kegiatan puncaknya kami gelar di Lapangan Boki Hotinimbang dan diikuti seluruh siswa,” ujarnya.

Ia menjelaskan, aangka kecelakaan cukup tinggi diusia produktif. Kecelakaan di Indonesia tahun 2017 mencapai 105.374 kasus.

“Tentu saja hal ini sangat mengkawatirkan, karena akan mengurangi angkatan kerja dan mengancam potensi sumber daya kepemimpinan nasional di masa depan. Ditambah lagi pada dekade berikutnya, bangsa Indonesia akan memasuki Era Bonus Demografi yang secara mayoritas angkatan kerjanya akan berasal dari generasi Millenial,” ujarnya.

Kampanye akan tertib berlalu lintas lanjutnya, sangat dibutuhkan peran dari masyarakat khususnya orang tua, “Mari kita budayakan tertib berlalu lintas demi keselamatan kita sendiri,” ajaknya.