KOTAMOBAGU– Terobosan demi terobosan terus dilakukan Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam hal pelayanan publik berbasis digital untuk institusi pendidikan melalui aplikasi Edu Patrol (Edukasi Parental Control).

“Untuk aplikasi Edu Patrol kita akan pasang di dua sekolah yakni, SMP 4 Kotamobagu dan SDN 2 Kotamobagu,” kata Wali Kota Tatong Bara, Kamis (20/01/2019).

Melalui aplikasi ini, pengelolaan sekolah dan komunikasi antara sekolah dengan orangtua siswa dapat terfasilitasi dengan baik dalam satu media komunikasi yang berbasis mobile aplikasi, sehingga orang tua siswa dapat melakukan monitoring perkembangan anak di sekolah dengan baik dan mudah.

“Aplikasi Edu Patrol juga dapat berfungsi sebagai sarana absensi sehingga orangtua tidak perlu khawatir lagi, apakah anaknya sudah sampai di sekolah atau belum. Begitu juga apakah anaknya sudah pulang dari sekolah atau belum, karena semua dapat terpantau pada aplikasi mobile ini,” ungkapnya.

Kepala Data Center, Diskominfo Kotamobagu, Rudy Yianto Unu mengatakan, lewat program tersebut nantinya para siswa akan diberikan kartu (Combo Card) yang berfungsi sebagai identitas pelajar, ATM, bayar parkir, pembayaran tap cash hingga debet.

“Pembayaran di kantin sekolah nanti sudah non tunai. Karena kartu pelajar juga sebagai kartu pembayaran di kantin. Pembiayaan program ini mulai dimplementasikan pada pekan depan yang berasal dari CSR BNI 46 Kotamobagu, jadi tidak ada pembiayaan atau anggaran dari pemerintah,” bebernya.

Ditambahkannya, dari seluruh daerah di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur, baru Kota Kotamobagu yang mulai menerapkan aplikasi EduPatrol ini.

“Di seluruh Indonesia Kota Kotamobagu daerah ketiga setelah Bengkulu, Ponorogo dalam penerapan aplikasi ini,” ujarnya.