KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus memacu pembangunan sarana dan prasarana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu, baik dari segi fasilitas maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Tatong Bara saat meninjau kesiapan pembangunan gedung dan koridor serta kelengkapan alat kesehatan RSUD Kotamobagu, Selasa (08/01/2019).

“Pembangunan dan SDM nya sedang kita pacu. Untuk pendidikan Radiologi kan sudah selesai 2017. Saya tugaskan mereka untuk sekolah dan sebagian sudah pulang,” ujar Tatong.

Selain itu, tenaga medis yang akan bertugas di RSUD Kotamobagu, akan disesuaikan dengan kapasitas tempat tidur pasien yang ada.

“Hari ini sementara pembahasan. Jika semua ini berjalan, maka berapa tenaga yang harus kita butuhkan mulai medis, dokternya, perawatnya akan disesuaikan dengan kapasitas tempat tidur,” kata Tatong.

“Sampai hari ini, itu sudah cukup walaupun kita masih bantu dengan tenaga kontrak termasuk dokter-dokter,” tambahnya.

Namun lanjut Wali Kota, yang menjadi fokus pemerintah saat ini bagaimana rumah sakit harus lengkap dari sisi peralatan dan mumpuni dari sisi SDM.

“Tapi kalau kita mau dimaksimalkan lagi tentu kita harus melipatgandakan dokter ahli dan melengkapinya menuju tipe B. Nah saat ini yang menjadi pusat perhatian kita adalah bagaimana rumah sakit ini lengkap dari sisi peralatan dan mumpuni dari sisi SDM,” pungkasnya.