BOLMONG- Akibat jaringan internet bermasalah, proses pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bolmong, terhambat.

Hal ini pun membuat sejumlah masyarakat yang hendak melakukan pengurusan administrasi kependudukan mengeluh.

Seperti yang dialami Dua warga Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan. Untuk mengurus Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), mereka harus mengeluarkan biaya dan waktu untuk menempuh jarak yang cukup jauh.

Karena jaringan internet lelet, sehingga keduanya harus pulang tanpa mendapatkan pelayanan.

“Kami datang jauh-jauh, namun tak bisa dilayani. Terpaksa kami pulang,” kata Tendi Puteng dan Hendra Ondah.

“Kami diminta datang kembali pada hari Kamis oleh petugas Disdukcapil. Pasti kita antri lagi,” sambung Hendra Ondah.

Kepala Disdukcapil Bolmong, Iswan Gonibala ketika ditemui diruang kerjanya Selasa (15/01/2019) mengaku, kendala yang dialami dikarenakan proses perpindahan gedung pelayanan dan barang-barang seperti alat perekaman e-KTP, jaringan dan lainnya.

“Kita saat ini telah memiliki gedung pelayanan yang baru saja selesai dibangun. Nantinya seluruh pelayanan akan dipusatkan di gedung tersebut,” ujar Iswan.

Iswan mengaku, hanya dua hari tidak ada pelayanan. Namun, ia berjanji akan segera diperbaiki agar pelayanan bisa berjalan seperti semula.

“Tinggal jaringan saja yang bermasalah. Makanya kami telah mendesak Telkomsel agar hari ini diperbaiki. Mohon maaf kepada masyarakat karena beberapa hari ini belum ada pelayanan. Kami usahakan secepatnya segera ada pelayanan,” tutup Gonibala.