KOTAMOBAGU– Siapa yang tak kenal dengan sosok Thamrin Hatam atau dikenal dengan panggilan Om Tam di Pemkot Kotamobagu.

ASN di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu ini, setiap hari kerja, bertugas sebagai petugas absen PNS hingga tenaga kontrak.

Setiap pelaksanaan upacara maupun apel, sosok Om Tam sangat dicari. Bahkan tak sedikit yang membujuk Om Tam untuk mengisi nama mereka di daftar absen.

Meski dengan bujukan dan rayuan, Om Tam ternyata tak mampu diluluhkan hatinya meski dengan alasan apapun.

Menurutnya, tak ada nama ASN maupun tenaga kontrak di daftar hadir adalah risiko atas ketidakdisiplinnan sebagai seorang abdi negara.

Pantauan Portal Mongondow saat usai apel perdana di Lapangan Boki Hotinimbang, Kamis (03/01/2019), banyak ASN yang membujuk Om Tam.

Namun, dirinya tetap menolak memberikan kesempatan bagi ASN terlambat untuk mengisi absen.

“Tetap tidak bisa. Kan terlambat, kok mau isi absen. Itu tidak adil,” kata Om Tam kepada beberapa ASN yang membujuknya.

Kata dia, sudah menjadi kewajibannya untuk menjalankan perintah atasan.

“Makanya datang tepat waktu. Jika sakit atau berhalangan, maka harus buat surat pemberitahuan. Jangan nanti sudah terlambat kemudian mau isi absen, padahal terlambat. Ini kan menyalahi aturan,” tegasnya.

Yang dilakukan Om Tam pun mendapat apresiasi dari Wali Kota Tatong Bara. Menurut Wali Kota, sosok Om Tam patut ditiru dalam menjalankan tugas dan kewajiban.

“Jika semua memiliki disiplin tinggi seperti Om Tam, pasti daerah ini akan semakin majun dan baik. Saya mengapresiasi kinerja Om Tam. Meski hanya ditugaskan mengurus absensi, namun dirinya loyal dan tak pernah mengeluh atas tugas dan keeajibannya sebagai seorang ASN,” ujar Wali Kota.