jenis perijinan
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kotamobagu, Noval Manoppo

KOTAMOBAGU – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengeluarkan 107 izin di dua pekan pertama bulan Januari. Perijinan yang dikeluarkan itu terdiri dari 29 permohonan ijin baru dan 78 perpanjangan.

Kepala DPMPTSP, Noval Manoppo, mengatakan ada berbagai jenis perizinan yang harus dikantongi terlebih dahulu oleh setiap pengusaha sebelum memulai usahanya di Kota Kotamobagu. 

“Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kotamobagu terus memberi kemudahan bagi setiap investor yang ingin berinvestasi di daerah ini, asalkan semua mematuhi ketentuan yang diatur,” katanya, Senin (21/01/2019).

Ia mengungkapkan, jumlah izin yang dikeluarkan selang tahun 2018 sebanyak 2.862, yang terdiri dari 1.680 perpanjangan jijin, 42 revisi dan 1.140 permohonan baru.

“Berbagai kemudahan kita berikan bagi setiap pengusaha yang hendak mengurus perijinan. Namun syarat-syaratnya harus dipenuhi agar proses pengurusannya berjalan lancar. Paling banyak usaha di bidang jasa dan perdagangan. Untuk tahun ini kita yakin jumlah perijinan baik baru maupun perpanjangan akan terus bertambah,” ungkapnya.

Lanjutnya, izin yang harus dikantong setiap pelaku usaha seperti ijin prinsip penanaman modal, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat ijin Tempat Usaha (SITU).

“Pengurusan izin gratis, kecuali IMB yang ada retribusinya sesuai yang diatur Perda,” ujarnya.