KOTAMOBAGU – Untuk mengantisipasi kerawanan Kemananan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kotamobagu, Pemkot melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), tahun ini akan menambah pemasangan Camera Closed Circuit Television (CCTV) di enam titik.

Kepala Diskominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan ada 21 titik rawan yang akan dipasang CCTV.

“Untuk tahun ini ada ketambahan enam CCTV. Sisanya lagi akan diusulkan pada APBD Perubahan tahun 2019 dan Tahun 2020 mendatang,” terang Yani, Rabu (16/01/2019).

Terpisah, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kotamobagu,  Yusrin Mantali, menjelaskan salah satu tujuan pemasangan CCTV tersebut, juga merupakan penunjang bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rangka analisis kepadatan lalu lintas.

“Selain itu juga bisa digunakan oleh aparat penegak hukum untuk melakukan pemantauan terhadap terjadinya tindakan kriminal. Termasuk juga pelanggaran lalu lintas sampai pada penerapan e-tilang,” kata Yusrin.

Lebih lanjut Yusrin mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam proses penyusunan spesifikasi teknis barang dan penyusunan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB).

“Setelah itu kemudian diajukan dibagian pengadaan barang dan jasa untuk dilelang. Anggarannya sekira 2,4 milyar untuk pengadaan cctv dan jaringan fiber optic,” ujarnya.

Kemudian untuk proses lelang kegiatan pengadaan CCTV ini akan dilaksanakan bulan Februari mendatang. Dimana sesuai rencana Diskominfo kata Yusrin, CCTV tersebut akan dipasang pada enam titik lokasi.

“Enam CCTV akan dipasang di enam titik Lokasi. Masing-masing, di simpang tiga kompleks SDN I Kotamobagu, simpang tiga Kelurahan Molinow,  Simpang Tiga Kelurahan Matali, Simpang Empat Kelurahan Kotobangon dan pintu masuk Kelurahan Mongkonai, dan simpang Tiga Kelurahan Gogagoman,” ujarnya.

Yusrin menambahkan, sebelumnya Pemkot sudah melakukan pemasangan CCTV tersebut di lima titik lokasi.

“Sudah ada Lima yang terpasang, yaitu di traffic light simpang empat, Kelurahan Mogolaing, depan bundaran paris, pertigaan depan kantor Wali Kota, data center dan di traffic light taman kota,” pungkasnya.