BOLMONG- Sebanyak 23 kelompok nelayan di sejumlah Kecamatan pesisir, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), mendapat paket bantuan Perikanan Tangkap dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

Bantuan yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 tersebut, diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang, di Desa Babo, Kecamatan Sangtombolang.

“Paket bantuan Perikanan Tangkap ink merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow untuk kelompok nelayan. Tentunya Pemerintah dalam menentukan kelompok penerima, dilakukan secara objektif serta terdapat kriteria atau persyaratan yang harus dipenuhi oleh kelompok penerima,” kata Tahlis.

Ia berpesan, agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan dijaga agar tetap awet untuk digunakan dalam waktu yang lama.

“Dengan adanya paket bantuan ini diharapkan lebih memudahkan nelayan untuk mendapatkan ikan hasil tangkapan, yang pada akhirnya pendapatan ekonomi nelayan itu semakin meningkat,” ucapnya.

Kepala Dinas Perikanan Wahyudin Gonibala mengatakan, penyerahan sarana dan prasarana perikanan tangkap adalah salah satu upaya untuk mendukung visi dan misi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Tuuk, dalam mewujudkan kehidupan masyarakat nelayan di Kabupaten Bolmong yang lebih hebat dan sejahtera melalui bidang perikanan.

“Bantuan yang diberikan yakni, kartu bantuan Premi Asuransi Nelayan yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2018 sebanyak 1102 kartu, sarana dan prasarana Perikanan Tangkap bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN Tahun Anggaran 2018 terdiri dari Perahu, Mesin Tempel 15 PK, Senar, Alat Pancing, Pelampung beserta sarana tangkap lainnya sebanyak 14 Paket dengan total anggaran sebesar Rp1.178.100.000,” ungkapnya.

“Selain itu ada juga mesin katinting 9 PK sebanyak 45 unit, bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Kabupaten Bolmong, tahun anggaran 2018 dengan total anggaran sebesar Rp314.820.000,” tambahnya.

Wahyudin menambahkan, paket bantuan perikanan tangkap tersebut diserahkan kepada 23 Kelompok Nelayan Tangkap di 5 Kecamatan pesisir, yakni Kecamatan Poigar sebanyak 2 kelompok, Kecamatan Bolaang Timur 8 kelompok, Kecamatan Bolaang 5 kelompok, Kecamatan Lolak 7 kelompok dan Kecamatan Sangtombolang 3 kelompok