KOTAMOBAGU –  Pengguna jalan yang melintasi wilayah Kota Kotamobagu diminta lebih waspada. Hal ini menyusul adanya tiupan angin kencang disertai hujan lebat belakangan ini melanda Kotamobagu.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PR-KP) Kotamobagu melakukan pemetaan setidaknya ada empat titik jalan yang harus dihindari oleh pengguna jalan.

“Yakni, Jalan Adampe Dolot Kelurahan Molinow, Jalan DC Manoppo Kelurahan Matali, Jalan raya yang menghubungkan Desa Kopandakan dan Desa Bungko serta Jalan Mayor Jendral Sutoyo Kelurahan Kotobangon. Nah, empat titik itu yang paling rawan pohon tumbang, apalagi cuaca sedang hujan disertai angin kencang. Sehingga warga diimbau untuk tidak melewati jalur itu,” kata Kepala Bidang Perumahan Celsie Paputungan.

Menurutnya, upaya Pemerintah dalam menata perkotaan termasuk pepohonan yang ada di pinggiran jalan terus dilakukan, salah satunya dengan penebangan pohon tua yang sudah berpotensi tumbang.

“Kami hanya menata kembali pohon yang ada. Nah, dalam penataan kami lebih cenderung ke keselamatan juga, misalnya kalau ada pepohonan yang sudah berbahaya dan mengancam keselamatan maka kami akan lakukan penebangan,” ujarnya.

Pihaknya terus melakukan pemantauan daerah rawan bencana pohon tumabang di sejumlah wilayah di Kotamobagu.

“Kamipun terus melakukan pemantauan khususnya di 4 titik tersebut, kalau ada pohon yang sudah membahayakan pengguna jalan, maka pastinya itu akan kami tebang,” tandasnya.