KOTAMOBAGU– Terdapat sejumlah daerah di Indonesia yang memiliki potensi untuk dijadikan tujuan wisata, baik budaya, alam, kuliner hingga seni. Jika peluang tersebut bisa diangkat, hal itu akan berkontribusi bagi peningkatan ekonomi suatu daerah dan mampu mendorong masyarakat sebagai pelaku industri kreatif.

Selama ini, daerah yang dikenal publik karena wisata dan budayanya hanya Yogyakarta dan Bali. Padahal, jika dicermati secara mendalam akan ditemukan puluhan wilayah yang memiliki keunikan di dalamnya.

Seperti di Kotamobagu. Daerah yang   mengusung konsep Kota Model Jasa hingga Smart City ini, memiliki berbagai potensi yang menjadikan pertumbuhan ekonomi di daerah ini meningkat setiap tahunnya. Bahkan, Kotamobagu menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan di Indonesia.

Memaksimalkan potensi daerah hingga kreatifitas tersebut, Musikopi Production yang digagas oleh sejumlah pemuda kreatif asal Kotamobagu ini, telah merancang berbagai konsep kegiatan yang positif yang bertujuan mendorong Kotamobagu lebih maju dan mandiri.

“Kami melihat begitu banyak potensi kreatif di Kotamobagu. Sehingga itu, dengan dibentuknya Musikopi Production, kami memfokuskan menggelar berbagai kegiatan sebagai sarapa penunjang kratifitas hingga potensi daerah yang banyak kita miliki,” ujar Hamka Mamonto, Crew Musikopi Production kepada Portalmongondow.com, Kamis (06/12/2018).

Setelah sukses dengan kegiatan perdananya Music And Coffee Fest 2018, Musikopi Production akan kembali menggelar kegiatan yang akan melibatkan seniman dan Usaha Kecil Mikro Menegah (UMKM).

“Konsepnya agak mirip di Kota-Kota besar. Jadi, seniman akan rutin tampil sesuai jadwal yang kami buat, dan pengusaha UMKM akan berjualan di lokasi kegiatan, sehingga Kotamobagu akan memiliki satu lokasi sebagai pusat kreatifitas yang juga bisa dijadikan ikon Kotamobagu. Di dalamnya juga akan ada promosi produk lokal, sehingga masyarakat maupun wisatawan bisa datang ke lokasi kegkatan ini nantinya,” kata Hamka.

Meski rincian konsep kegaiatan belum sepenuhnya dipublikasi secara umum, namun lanjut Hamka, Musikopi Production tetap konsisten dengan tujuan memajukan potensi kreatifitas di Kotamobagu.

“Ya, kalau konsep kan internal. Namun gambaran umumnya kami sampaikan sehingga masyarakat akan tahu Kotamobagu ternyata akan ada lokasi khusus kreatifitas ini,” ujarnya.

“Kalau temanya sudah ada, yaitu Musikopi Everywhere, yang artinya Musikopi Dimana-mana. Sementara kontennya seperti music show, stand up comedy, musikalisasi pusisi, kemudian ada stand yang menyediakan kopi lokal, makanan ringan hingga berat yang semuanya tradisional. Pasti cocok buat semua kalangan masyarakat, khususnya kaula muda,”

Lanjutnya, untuk lokasi kegiatan akan difokuskan di dua Taman Kota yang terletak di Jalan Paloko Kinalang dan Jalan Ahmad Yani.

“Kalau venuenya sudah kami tentukan. Yakni di dua taman kota yang ada. Sebelumnya juga sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Kotamobagu, dan Alhamdulillah mendapat dukungan penuh. Tinggal waktunya kami sedang bahas apakah pekan ini atau pekan depan dan seterusnya. Sebab, kegiatan seperti ini akan rutin digelar setiap malam minggu,” katanya.