BOLMONG– Kegiatan pelatihan alat musik tradisional Bolaang Mongondow, Rambabo dan Kantung, yang digagas Pemkab Bolmong melalui Dinas Pendidikan (Disdik) di Aula Yadika, Kamis (27/12/2018), mendapat apresiasi dari Ketua Umum Ikatan Seniman Totabuan (IKASTO), Chairul A Luli.

Musisi senior ini mengatakan, selain positif, generasi di Bolmong Raya sangat membutuhkan pelatihan alat musik tradisional sebagai warisan sejarah yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Sangat positif dan harus kita dukung program dari Dinas Pendidikan Bolmong ini. Sebab, dengan adanya pelatihan alat musik tradisional ini, kita sudah turut berkontribusi terhadap pelestarian budaya daerah kita sendiri,” ujar Chairul.

Lanjutnya, Ikasto sebagai wadah para seniman di Bolmong Raya, siap membantu pemerintah dalam mensukseskan program-program yang seni dan budaya daerah.

“Ikasto memiliki slogan, moyokapit takin pamarentah (Bekerjasama dengan pemerintah). Kami sebagai para seniman siap kapan saja saat dibutuhkan pemerintah dalam memajukan dan mengangkat kembali potensi daerah, khususnya seni dan budaya tradisional,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Bolmong, Renty Mokoginta mengatakan, pihaknya akan terus memprogramkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan seni dan budaya.

“Sudah menjadi tugas kami untuk melestarikan seni dan budaya tradisional kita. Kalau bukan kita, siapa lagi? Sehingga itu, merupakan semangat kami ketika masyarakat maupun kawan-kawan dari Ikasto mendukung langkah kami,” ujarnya.

“Harapan kami, kedepan semoga kita semua di bumi Totabuan ini bisa bersinergi dan bekerjasama dalam menggali potensi seni dan budaya kita, demi generasi yang akan datang,” Tutupnya.