Yusra Alhabsyi (putih-putih) bersama pasukan Banser Sulut. Foto : GP Ansor.
MANADO – Jelang perayaan Natal 25 Desember 2018 dan Tahun Baru 2019, Pasukan Banser Ansor Sulawesi Utara siap melakukan pengamanan, tentu jika ada permintaan dari aparat keamanan.
Ini disampaikan Ketua Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sulawesi Utara, Yusra Alhabsyi SE, Senin (24/12/2018).
“Sesuai prosedur, pasukan Banser dibawah koordinasi Polri dan TNI. Kami di posisi membantu tugas kepolisian,” ujar Ketua Komisi I DPRD Bolaang Mongondow ini.
Menurutnya, tindakan pengamanan ini merupakan wujud toleransi antar umat beragama dan ini dilakukan bagi semua pemeluk agama di Indonesia.
Ditambahkannya, saat ini pasukan Banser telah siap berkoordinasi dengan aparat jika diperlukan.
“Banser Wilayah hingga saat ini belum ada permintaan dari Polda. Meski demikian untuk sejumlah daerah seperti Banser Bolmut, Banser Sang Tombolang Bolaang Mongondow telah diminta oleh aparat di sana untuk bersama-sama melakukan penjagaan Natal,” pungkas Yusra.
Sementara itu, Pasukan Ansor-Banser Kota Kotamobagu telah siap membantu Polri dan TNI dihari pelaksanaan Natal. Menurut Ketua Ansor Kotamobagu Dani Ikbal Mokoginta, bahwa berdasarkan surat permintaan pengamanan dari Polres Kotamobagu, pihaknya akan full bersama petugas.
“Kami sudah membagi personil untuk melakukan pengamanan sesuai permintaan Polres,” ujar Dani.
Seperti Natal tahun sebelumnya, Ansor Banser selalu dilibatkan oleh aparat melakukan penjagaan saat Umat Kristiani melaksanakan Ibadah Natal.

Sumber : GP Ansor Sulut