KOTAMOBAGU- Dibukanya Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kotamobagu, memberikan dampak positif bagi perkembangan setiap anak.

Dengan dilengkapi fasilitas baca dan sarana bermain, PISA yang saat ini berada di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) tersebut, membuat antusias anak-anak Kotamobagu meningkat.

Seperti yang dilakukan Dyvya Sobiri, Asyifa Mokodongan dan Salwa Risyaputri. Tiga bocah usia 8 tahun, kelas 3 Sekolah Dasar (SD) Baitul Makmur Kotamobagu ini, rutin mengunjungi PISA saat pulang sekolah untuk membaca berbagai macam buku bacaan anak-anak.

“Sambil tunggu jemputan orang tua kami, kami ke sini untuk membaca buku biar lebih pintar. Kalau saya suka baca buku dengan judul apapun,” kata Dyvya.

Sama halnya dengan Asyifa Mokodongan dan Salwa Risyaputri. Mereka mengaku gemar membaca. Apalagi di PISA mereka bisa menemukan berbagai macam buku bacaan, seperti komik hingga buku pelajaran sekolah.

“Semuanya kami suka baca. Banyak pilihan dan kami senang karena gambar-gambarnya sangat bagus dan lucu,” ujar Asyifa dan Salwa.

Ditanya soal cita-cita, dengan kompak mereka mengatakan ingin menjadi seorang dokter.

“Kalau jadi dokter bagus bisa menolong krang yang lagi sakit. Dan bisa membanggakan mama dan papa juga,” tutur mereka.

Kepala DP3A, Siti Rafiqah Bora mengatakan, dengan adanya PISA selain sebagai penunjang program Kota Layak Anak, juga sebagai sarana untuk mendorong tumbuh kembang anak akan kemampuan mereka sejak dini.

“Meski belum terlalu lengkap fasilitasnya, namun kami tetap berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita di Kotamobagu. PISA disediakan agar para orang tua lebih terbantu, sebagai sarana bermain sambil belajar anak,” ujarnya.