KOTAMOBAGU-  Pemkot melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (Disdagkop-UKM) Kotamobagu, menggelar inspeksi Mendadank (Sidak) di sejumlah toko dan swalayan di Kotamobagu, Senin (10/12/2018).

Sidak yang dilakukan untuk memantau ketersediaan bahan pokok hingga produk kadarluasa dan rusak saat menjelang Natal dan Tahun Baru ini, Disdagkop-UKM menemukan sejumlah produk susu dalam kemasan yang rusak di Toko Tita Kotamobagu.

“Kami menemukan sejumlah produk susu kemasan baik itu kaleng maupun kardus yang rusak dan tidak layak di jual ke konsumen,” ujar Kepala Disdagkop-UKM, Herman Aray.

Lanjutnya, pemilik toko diminta untuk menarik produk tersebut dari gerai atau pajangan. Dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi konsumen.

“Sudah beberapa kali toko ini kedapatan masih menjual produk yang tidak layak dijual. Sehingga itu barang yang kami temukan rusak, kami minta untuk ditarik dan pemiliknya kami berikan teguran,” kata Aray.

Selain menggelar sidak di sejumlah toko dan swalayan, pihaknya juga melakukan sidak di sejumlah perusahaan retail seperti Indomaret dan Alfamart.

“Kami mengimbau agar setiap toko dan swalayan agar memperhatikan barang jualannya. Jangan sampai ada laporan. Kami akan menindak tegas hal itu. Dan buat masyarakat agar lebih berhati-hati dalam berbelanja barang yang akan dikonsumsi, serta harus melihat layaknya barang sebelum dibeli,” pungkasnya