Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling menandatangani penetapan APBD 2019.

ADVETORIAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Jumat (30/11/2018), menggelar rapat paripurna pembicaraan tingkat II, penetapan persetujuan atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bolmong Tahun Anggaran  2019.

Rapat paripurna yang digelar di ruang paripurna DPRD Bolmong tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling didampingi Wakil Ketua Abdul Kadir Mangkat, dihadiri 20 anggota DPRD Bolmong dan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekda Tahlis Gallang, para Asisten Setda, Kepala SKPD dan ASN di lingkup Pemkab Bolmong, Forkopimda, Camat, Lurah serta Sangadi.

Welty dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana diketahui bersama bahwa rapat paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat II ini, merupakan proses lanjutan tahapan-tahapan pembicaraan sebelumnya. Dimana, proses pembicaraan tingkat II merupakan proses pengambilan keputusan dalam rapat paripurna.

Bupat Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling dan Wakil Ketua DPRD Bolmong Abdul Kadir Mangkat pada rapat paripurna penetapan APBD 2019.

Pada paripurna tersebut, Welty menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD Bolmong,  yang telah menyampaikan laporan hasil pembahasan Ranperda APBD Kabupaten Bolmong Tahun Anggaran 2019, yang disertai dengan penyampaian dan pendapat akhir fraksi. “Terima kasih kepada anggota DPRD yang telah membahas Ranperda Kabupaten Bolmong Tahun Anggaran 2019, dan memberi pendapat akhir fraksi,” katanya.

Dikatakan, Ranperda Kabupaten Bolmong Tahun Aanggaran 2019 yang dibahas bersama Pemerintah Daerah (Pemda) merupakan rencana keuangan tahunan yang nantinya ketika ditetapkan akan berfungsi sebagai otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi dan stabilitasi. “Pembahasan Ranperta APBD Kabupaten Bolmong Tahun Aanggarn 2019 adalah amanat Undang-Undang, mengingat pentingnnya peran APBD tersebut,” ungkap Welty.

Hasil pembahasan Renperda APBD Kabupaten Bolmong Tahun Anggaran 2019 dan pendapat akhir dari fraksi-fraksi, dibacakan oleh  Ketua Komisi I DPRD Bolmong Yusra Alhabsyi. Dari pendapat akhir fraksi tersebut semua fraksi menyetujui Ranperda APBD tahun anggaran 2019.

Wakil Ketua DPRD Bolmong Abdul Kadil Mangkat turut menandatangani penetapan APBD 2019.

Setelah berakhir dibacakan, Welty mengungkapkan setelah memperhatikan, maka sebagai pimpinan rapat dapat menyimpulkan bahwa keenam fraksi telah memberikan pendapatnya untuk menerima dan menyetujui Ranperda APBD Kabupaten Bolmong Tahun Aanggaran 2019, dan dokumn-dokumen lainnya yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bolmong.

“Mendengar hasil pembahasan Ranperda APBD Kabupaten Bolmong Tahun Aanggaran 2019, maka dengan ini saya menyimpulkan dalam rapat paripurna bahwa Ranperda ini ditetapkan menjadi Perda,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, sebagaimana ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 Pasal 9 ayat 4 tentang pedoman penyusunan tata tertib (Tatib) DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota bahwa pengambilan keputusan dalam sidang paripurna didahului dengan permintaan persetujuan dari anggota DPRD secara lisan, oleh pimpin rapat paripurna. “Pengambilan keputusan pada rapat ini sebagaimana yang tercancum dalam dalam PP 12 Tahun 2018,” tandas Welty.