awasi penggunaan dandes
Asisten I Pemkot Kotamobagu, Nasrun Gilalom

KOTAMOBAGU- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menerima bantuan tujuh unit kendaraan roda III. Kendaraan yang diberikan Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) itu akan difungsikan sebagai armada pengangkut sampah khusus di wilayah yang tak terjangkau kendaraan jenis truk.

Plh Kepala DLH, Nasrun Gilalom, mengatakan armada pengangkut sampah yang ada saat ini semuanya berjenis truk, dan tak bisa masuk ke jalan-jalan kecil.

“Dengan adanya kendaraan roda III ini, maka sampah-sampah yang ada di dalam lorong bisa dijangkau. Operasionalnya hanya fokus di lorong-lorong kecil saja,” katanya.

Untuk mengatur operasionalnya, ia mengungkapkan pihaknya akan membuat rute atau wilayah angkutan setiap kendaraan.

“Rutenya hanya di jalan lorong saja. Nanti akan kita atur agar semua lorong kecil bisa terjangkau. Sebelumnya kita akan turun ke semua desa dan kelurahan mendata semua lorong-lorong yang ada,” ungkapnya.

Ketambahan tujuh unit kendaraan toda tiga itu diharapkannya dapat mengatasi berbagai persoalan sampah.

“Selama ini masalah sampah yang terlambat di angkut rata-rata berada di dalam lorong. Tapi dengan adanya kendaraan ini, maka harapan kita bisa mengatasi semua persoalan-persoalan itu,” harapnya.

Disisi lain, ia mengimbau semua masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Sudah ada tempat sampah yang disiapkan di pinggir jalan. Buang di situ saja, nanti ada petugas yang akan mengangkutnya,” imbaunya.