KOTAMOBAGU —Walikota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, Selasa (11/12/2018), kembali menerima penghargaan tingkat nasional dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2018.

Penghargaan sebagai Kota Peduli HAM Tahun 2018, yang dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla tersebut, diberikan atas berbagai kriteria penilaian, yakni terpenuhinya Hak atas Kesehatan, Hak atas Pendidikan, Hak Perempuan dan Anak, Hak atas Kependudukan, Hak atas Pekerjaaan, Hak atas Perumahan yang Layak, serta Hak atas Lingkungan yang berkelanjutan, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten / Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Walikota Kotamobagu menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasona Laoly, menyampaikan ucapan terima kasih, dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak, teristimewa kepada masyarakat Kota Kotamobagu, yang selama ini telah mendukung berbagai upaya yang dilaksanakan Pemerintah Daerah dalam rangka pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) di Kotamobagu.

“Penghargaan Kota Peduli HAM tentunya juga akan semakin memotivasi serta memacu semangat  dari Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, dalam upaya pemenuhan hak – hak masyarakat, termasuk melalui peningkatan pelayanan publik,” ujar Walikota.

Diketahui, penghargaan Kota Peduli HAM yang diserahkan pada rangkaian peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke – 70 Tahun 2018, di  Kantor Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia – Jakarta tersebut, juga dihadiri Gubernur, Bupati dan Walikota penerima penghargaan Peduli HAM Tahun 2018.