KOTAMOBAGU РBantuan Operasional Sekolah (BOS) Triwulan Empat untuk SD dan SMP se Kotamobagu direalisasikan. penggunaan anggaran BOS harus disesuaikan dengan kebutuhan sekolah.

Ketua tim manajemen BOS Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu Kadri Bangol menerangkan, realisasi pencairan telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi khusus untuk jenjang SD dan SMP swasta maupun negeri.

“Hal ini tentunya didukung oleh proaktifnya sekolah dalam melakukan laporan pertanggungjawaban (LPJ) BOS triwulan tiga, sehingga pencairan direalisasikan,” ujarnya.

Lanjut Kadri, SD dan SMP di Kotamobagu telah melakukan laporan secara keseluruhan sejak bulan November lalu. Sedangkan Pencairan dana ke rekening masing-masing sekolah telah dilakukan Selasa (11/12/2018) lalu.

“Manajerial BOS telah memberikan rekomendasi pencairan dana BOS ke Bank Sulut untuk disalurkan ke rekening sekolah,” tuturnya.

Realisasi pencairan dana mulai dilakukan oleh sekolah setelh menerima rekomendasi pencairan oleh Disdik Kotamobagu.

“Pencairan BOS dalam tahap pencairan oleh masing-masing sekolah. Disdik menargetkan realisasi BOS triwulan empat wilayah Kotamobagu tuntas dicairkan minggu ini,” tutur Kadri.

Disdik juga meminta sekolah untuk segera menyelesaikan penggunaan anggaran, sehingga LPJ untuk triwulan empat langsung diselesaikan, mengingat triwulan empat merupakan pencairan akhir ditahun 2018.

“Diharapkan, pemanfaatan dana sesuai kebutuhan sekolah yang diatur dalam juknis, juga peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) no 1 tahun 2018.”