KOTAMOBAGU– Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara, Sabtu (10/11/2018), bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada pelaksanaan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 November Tahun 2018.

Wali Kota yang membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI), menyampaikan bahwa setiap tahun tepatnya pada tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam, yang merupakan perang fisik pertama setelah Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

“Di bulan November, ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah, serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” ujarnya.

Dikatakan, seluruh rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air, dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara dihati sanubari Bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi, namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali, dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari,” terang Wali Kota.