KOTAMOBAGU– Alasan kopi dapat membuat tubuh menjadi bersemangat, adalah karena khasiat kafein terhadap otak. Apakah Anda termasuk orang yang memulai aktivitas dengan secangkir kopi? Anda tidak sendiri. Banyak orang yang membutuhkan kopi yang sarat kafein sebagai stimulan pada pagi hari.

Tidak hanya sebagai stimulan, kafein juga dapat menghambat reseptor adenosin. Dampaknya dapat membuaat tibuh lebih berenergi serta merasa lebih bersemangat.

Nah, apalagi jika kopi dicampur gula merah sebagai pemanis alami. Gula merah atau gula aren, memiliki antioksidan yang tinggi.

Gula merah sebagai sumber zat besi yang baik yang dipercaya mampu mengatasi masalah kurang darah ataupun anemia, serta berbagai penyakit lainnya.

Seperti yang rutin dilakukan Gio Semalam. Salah satu petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu ini, memilih minum kopi gula merah di Cafe Padepokan yang menyediakan racikan kopi ini. Alasannya, untuk meningkatkan stamina saat bekerja.

“Rasanya unik dan yang paling penting khasiatnya untuk tubuh. Apalagi saya kerja lapangan harus punya stamina ekstra dong,” kata Pria 34 tahun, asal Kelurahan Genggulang, Kotamobagu Utara.

Terkadang kata Gio, menjadi petugas lapangan harus melawan rasa kantuk dan kelelahan. Saat meminum kopi gula merah, ia mengaku mampu bekerja maksimal.

“Kita dituntut kerja ekstra. Makanya selain asupan makanan yang bergizi, olah raga, kopi gula merah juga sudah menjadi daftar penting untuk dikonsumsi tiap hari,” ujarnya.

“Lebih baik kopi gula merah dibandingkan minum minuman penambah stamina yang sudah bercampur zat kimia. Itu lebih berbahaya di tubuh kita. Yang alami dan murah meriah saja asal sehatnya terasa,”