KOTAMOBAGU- Menuju daerah dengan konsep Kota Model Jasa, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus memaksimalkan program pengembangan industri hingga Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM), sebagai sumber peningkatan ekonomi masyarakat hingga Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal tersebut juga tak lepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap dan mandiri, didukung dengan sarana hingga pelatihan keterampilan. Pemuda pun menjadi aset penting dalam memajukan suatau daerah menjadi lebih berkembang.

Seperti di Kelurahan Pobundayan. Wilayah yang terletak di Kecamatan Kotamobagu Selatan ini, dikenal memiliki sumber peningkatan ekonomi yang cukup besar melalui UMKM hingga industri batu bata.

Tak hanya itu, dengan adanya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu yang dibangun di wilayah ini, turut memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakatnya.

“Alhamdulillah, Kelurahan Pobundayan terus memaksimalkan pengembangan UMKM dan industri rumah tangga sebagai peningkatan ekonomi masyarakat di Pobundayan,” ujar Lurah Pobundayan, Apri Paputungan.

Lanjut Apri, Pemerintah Kelurahan pun intens mendorong pemuda untuk memaksimalkan sumber daya yang dimiliki Pobundayan.

“Seluruh masyarakat berpartisipasi dalam hal ini. Khususnya juga para pemuda Kelurahan Pobundayan. Pemerintah memiliki tugas untuk mendorong meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang ekonomi kreatif. Hal ini dilakukan untuk mendukung harapan ekonomi kreatif untuk menjadi tulang punggung perekonomian di Pobundayan khususnya dan Kotamobagu pada umumnya,” ujar Apri.

Ia menjelaskan, aset utama ekonomi kreatif adalah pemuda yang memproduksi gagasan atau ide kreatif yang mampu mengembangkan ekonomi kreatif tersebut.

“Kolaborasi antara pemerintah kelurahan dan pemuda dibutuhkan untuk mewujudkan Pobundayan yang maju, mandiri serta kreatif dalam mengembangkan sektor ekonomi,” ucapnya.

Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, turut mengapresiasi hal tersebut. Menurut Nayodo, majunya Kotamobagu tak lepas dari peran masyarakat dan pemuda yang kreatif.

“Tanggungjawab kita semua masyarakat dan pemerintah untuk memajukan daerah yang kita cintai ini. Saya pun berharap, seluruh pemuda di Kotamobagu mampu menciptakan gagasan dan ide kreatif sebagai penunjang ekonomi kita,” ujar Nayodo.