KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mengelar upacara peringatan Hari Guru  Nasional (HGN) 2018 di lapangan Boki Hotinimbang, Senin (26/11/2018).

Bertindak sebagai pembina upacara, Wakil Walikota Nayodo Kurniawan membacakan sambutan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Muhajir Effendy dengan mengusung tema Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI.

Tema tersebut dipilih mengingat tantangan pendidikan di abad XXI semakin berat. Hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu memingkatkan kualitas agar memiliki kompentensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Untuk itu diperlukan guru yang profesional yakni guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat tersebut untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompentensi global,” ujar Nayodo.

Tugas utama Guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik. Oleh sebab itu, profesi guru sangat lekat dengan intergritas dan kepribadian.

“Guru tidak hanya bertugas untuk mentranfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai – nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya,” ungkapnya.

Setidaknya terdapat tiga ciri guru profesional yang harus dimiliki oleh para guru. Pertama guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik. Kedua guru yang mampu membangun kesejawatan. Ketiga guru yang mampu merawat jiwa sosialnya.

“Maka dari itu, marilah kita bergandengan tangan menunaikan tugas mulai ini. Di pundak bapak dan ibu guru kami gantungkan masa depan bangsa ini,” terangnya.