GM Putra STB pada saat mengikuti lomba di Desa Rap-Rap, Minsel.

KOTAMOBAGU – Menjadi jawara pada lomba masamper tingkat Provinsi Sulawesi Utara, Group Masamper (GM) Putra Kota Sahabat Tanpa Batas (STB) Kota Kotamobagu, tentunya telah mengharumkan nama pemerintah dan masyarakat Kota Kotamobagu.

Kebanggaan ini tak lepas dari campur tangan Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara. Pasalnya, grup masamper ini merupakan binaan dari Tatong Bara.

GM Putra Kota STB menjadi juara setelah menyisihkan 14 grup lainnya pada Lomba Masamper dalam rangka Hari Ulang Tahun Jemaat Efrata, di Desa Rap-Rap, Minahasa Selatan, Sabtu (10/12/2018).

“Lomba masamper ini diikuti peserta se-Sulut, dibagai dalam dua kategori, seri A diikuti 14 group, seri B diikuti 11 group,” kata Didi Manarat, pimpinan GM Putra Kota STB.

Menjadi satu-satunya perwakilan wilayah Bolaang Mongondow Raya di kegiatan yang bertemakan Efrata Bersyukur dan Bermazmur ini, GM yang dilatih oleh Sondak Meluwu, sukses menyisihkan kontestan lain yang cukup berpengalaman dan memiliki nama besar.

“Puji Tuhan kami membuat sejarah baru dengan keluar sebagai pemenang, mengalahkan group-group lainnya yang punya nama besar, seperti ST 25 Manado, Smirna Malalayang, dan Kivra Malalayang,” ujar Didi.

Baca

Menurutnya, kesuksesan ini tak lepas dari campur tangan Pemerintah Kota Kotamobagu yang selalu mendukung setiap kegiatan yang diikuti GM Putra Kota STB.

“Khususnya kepada Wali Kota Ir Tatong Bara, yang begitu peduli dalam melestarikan berbagai budaya daerah di Kota Kotamobagu, salah satunya budaya masamper asal Nusa Utara, sehingga memberikan kesempatan kepada kami untuk terus berkarya dan membawa harum nama Kota Kotamobagu ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini GM Putra STB yang beranggotakan 25 orang ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba serupa yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sangihe tahun 2019 nanti.

Pada lomba masamper di Desa Rap-Rap, Minsel, GM Putra Kota STB Kotamobagu berhasil meraih peringkat pertama. Sedangkan peringkat kedua diraih oleh GM Parigi Manado, disusul GM Narwastu Manado yang menempati peringkat ketiga.