Ketua DPRD Welty Komaling (tengah) didampingi Wakil Ketua DPRD Abdul Kadir Mangkat dan Wabup Yanny Tuuk, saat memimpin rapat paripurna Ranperda APBD TA 2019.

ADVETORIAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Rabu (21/11/2018) menggelar rapat paripurna pembicaraan tingkat satu, penyampaian rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bolmong tahun anggaran 2019.

Pembahasan Ranperda APBD yang digelar di ruang paripurna kantor DPRD Bolmong itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Welty Komaling.

Pengajuan Ranperda Kabupaten Bolmong merupakan pedoman dalam pelaksanaan pemerintahan daerah untuk mewujudkan pelaksanaan urusan pemerintah dan menjadi wewenangan daerah. Pelaksanaannya tidak lain dari dan atas pendapatan APBD yang diatur dalam perundang-undangan.

“Pemerintah daerah berkewajiban menyiapkan anggaran pendapatan dan belanja daerah sebagai dasar pengelolahan keuangan daerah yang dituangkan dalam peraturan daerah,”  ujar Welty Komaling.

Welty Komaling saat menandatangani KUA-PPAS yang didampingi oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wabup Yanny Ronny Tuuk, Senin (19/11/2018).

Ranperda APBD Bolmong 2019 merupakan tindaklanjut dari kesepakatan bersama DPRD dan Pemkab tentang Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun Anggaran (TA) 2019, pada Senin (19/11/2018) lalu.

Dalam KUA-PPAS menjelaskan arah pembangunan Bolmong pada tahun 2019 nanti yaitu peningkatan sarana prasarana layanan dasar dan infrastruktur perekonomian berskala perdesaan yang berorientasi pada potensi unggulan lokal.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Bolmong yang mewakili Pemkab menyampaikan gambaran umum terkait Ranperda Bolmong 2019 yang disesuaikan dengan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun2019 yaitu pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah,    

“Dengan adanya Ranperda ini diharapkan dapat mendorong dari sisi pembiayaan, dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang sesuai dengan kebijakan dan prioritas pembangunan daerah serta diharapkan dapat dibahas bersama oleh pihak legislatif dan eksekutif,” kata Yanny Tuuk.

Anggota DPRD dan pejabat serta ASN Bolmong saat mengikuti jalannya sidang paripurna.

Enam fraksi yang ada di DPRD Bolmong telah menyampaikan pandangan fraksi dan menerima APBD Pemkab Bolmong untuk dibahas ke tingkat selanjutnya.

“Dengan demikian Ranperda APBD 2019 dapat diterima, dan akan dibahas ke tahap selanjutnya,” ujar Welty Komaling menutup rapat paripurna.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Bolmong Abdul Kadir Mangkat dan anggota DPRD Bolmong, Sekda Bolmong Tahlis Gallang serta pejabat dan ASN Pemkab Bolmong.

Ranperda Lengkap APBD Bolmong Tahun 2019  

Penulis : Pratama Yudistira