KOTAMOBAGU– Lelah dan kecewa, terlihat di wajah para peserta tes CPNS Kotamobagu. Pasalnya, nilai standar kelulusan Passing Grade yang ditentukan BKN tak mampu dilalui dengan maksimal oleh ratusan peserta Computer Assisted Test (CAT).

Dari total 848 peserta yang mengikuti ujian tersebut di SMK Cokroaminoto Kotamobagu, hanya 10 orang yang beruntung karena berhasil meraih nilai standar kelulusan.

Dengan kondisi itu, Pemkot Kotamobagu bakal mengalami kekosongan formasi yang diajukan ke KemenPan-RB.

“Kami sudah berusaha pelaksanan tes ini berjalan lancar. Namun, semua keputusan hingga sistem yang ditetapkan pemerintah pusat, harus kita ikuti,” kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Sahaya Mokoginta, Senin (05/11/2018).

Lanjut Sahaya, dengan hasil yang diperoleh, yakni hanya 10 peserta yang lulus, tidak mencukupi kebutuhan pemkot.

“Kami akan membuat berita acaranya, dan semoga KemenPan bisa mempertimbangkan hasil ini. Sebab, harapan kami semua formasi bisa terisi sesuai yang kita ajukan,” pungkasnya.

Ia pun berpesan, agar peserta yang belum lulus tes CPNS 2018, agar tetap semangat dan bersabar.

“Tetap berbesar hati, kita berdoa agar Insha Allah ada jalan keluar. Juga tetap semangat dan bersabar karena rezeki Tuhan yang mengatur. Kita sudah berusaha sebagai bentuk ikhtiar kita,” tutupnya.