kube dan e-warung
Kepala Disperinnaker Kotamobagu, Mulyadi Suratinojo

KOTAMOBAGU– Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan mesin pegolahan nenas pasca panen, bagi kelompok tani (Poktan) di Kotamobagu.

Hal tersebut berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank Indonesia (BI) dengan Wali Kota Kotamobagu dalam peningkatan komoditi Nenas Mas Kotamobagu beberapa waktu lalu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu, Ramjan Mokoginta, saat ditemui di kantornya, Senin (08/10/2018).

“Insya Allah jika tidak ada aral melintang, realisasi mesin pengolahan Nenas bulan Oktober ini,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Muljadi Surotinodjo, Senin (08/10/2018).

Dikatakannya, bantuan 8 unit mesin pegelolaan nenas akan diberikan kepada 3 Poktan di Kotamobagu.

“Tiga kelompok ini yakni kelompok tani Nenas Nomontang, Amaliotung dan Maju Bersama. Mesi yang akan diserahkan memiliki kwalifikasi yang bermutu, sesuai dengan judul yaitu pengembangan mutu kwalitas nenas ekspor,” ujarnya.

Ia menyebutkan, mesin pengolahan yang akan diserahkan mulai dari pengolahan nenas sampai pada pengolahan produk turunannya.

“Mulai dari pembuatan selei nenas, keripik, jus dan lainnya hingga pada kemasan,” tutupnya.