KOTAMOBAGU– Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan,  Selasa (23/10/2018) siang tadi, memantau langsung kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Tanpa menggunakan masker, Nayodo yang didampingi sejumlah kepala SKPD, melihat kondisi dan sistem pengelolaan sampah serta mengecek kelayakan alat berat di TPA tersebut.

“Saya juga meminta alat berat yang saat ini dioperasikan di TPA Mongkonai untuk terus dioptimalkan, termasuk juga memperbaiki   beberapa alat berat, yang saat ini masih mengalami kerusakan,” ujar Nayodo.

Nayodo mengatakan, kedepan akan diupayakan penggunaan teknologi tepat guna, seperti membuat kincir air, sebagai pembangkit tenaga listrik, dengan memanfaatkan air  dari sungai yang berada di dekat TPA Mongkonai.

“Dengan penggunaan  kincir air sebagai pembangkit tenaga listrik, maka diharapkan juga akan dapat menghemat biaya pembayaran listrik di TPA Mongkonai,” katanya.

“TPA kita sudah sangat baik dan semoga dapat meraih Adipura kembali. Untuk mencapai itu, semua elemen baik pemerintah dan masyarakat harus bersinergi dan gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan,” tutupnya.