Welty Komaling dan Abdul Kadir Mangkat saat memimpin sidang.

BOLMONG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Rapat Paripurna, dalam rangka penetapan peraturan DPRD tentang Tata tertib (Tatib) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab Bolmong masa periode tahun 2014 – 2019, Senin (29/10/18). Rapat yang digelar di ruang paripurna tersebut dipimipin oleh Ketua DPRD Welty Komaling dan Wakil Ketua Abdul Kadir Mangkat.

Ketua DPRD saat memimpin rapat paripurna menyampaikan, bahwa berdasarkan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD Provinsi, kabupaten/kota, tanggal 16 april 2018, serta mengacu pada pasal 134 ayat 1, bahwa pada saat peraturan pemerintah telah berlaku, peraturan tentang tantib DPRD yang ada sebelum peraturan pemerintah ini diundangkan, tetap berlaku sampai dengan ditetapkannya peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD berdasarkan peraturan pemerintah.

“Untuk itu sebagaimana ketentuan yang ada, serta hasil rapat badan musyawarah dengan mempertimbangkan waktu penetapan peraturan tata tertib DPRD ini, maka dilaksanakan rapat paripurna dewan dalam rangka penetapan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD Kabupaten Bolmong masa bakti 2014-2019”, ujar Welty.

Yahya Fasa saat membacakan PAW tiga Aleg DPRD Bolmong.

Ia menjelaskan bahwa panitia khusus (Pansus) DPRD telah melakukan pembahasan dan konsultasi serta fasilitasi ke kantor Gubernur, melalui biro hukum Provinsi Sulut atas tatib DPRD Kabupaten Bolmong dan telah mendapatkan persetujuan serta koreksi atas tatib tersebut, ungkap Komaling.

Tatib DPRD sebagaimana telah dirumuskan yaitu memuat hal-hal antara lain, fungsi tugas dan wewenang DPRD, keanggotaan DPRD, alat kelengkapan DPRD, rencana kerja DPRD, pelaksanaan hak DPRD dan anggota DPRD, Persidangan dan rapat DPRD, pengambilan keputusan, pemberhentian serta pergantian antar waktu dan pemberhentian, fraksi, kode etik, konsultasi DPRD, pelayanan atas aspirasi masyarakat.

Aleg DPRD Bolmong.

Dalam rapat paripurna tersebut juga, dibacakan pergantian antar waktu (PAW) tiga anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional (PAN), yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Yahya Fasha, serta pergantian pimpinan Wakil Ketua DPRD Bolmong dari Partai Amanat Nasional (PAN) yakni Kamran Muchtar ST digantikan oleh Musli Manoppo.

Turut hadir para anggota Dewan Bolmong, Sekwan Yahya Fasha beserta pejabat Sekretariat Dewan Bolmong.