KOTAMOBAGU- Dalam rangka peningkatan kapasitas pelaksanaan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT), Pemkot melalui Dinas Sosial Kotamobagu, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) sebagai bentuk penguatan penanganan kemiskinan.

Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu, Adnan Massinae, mengatakan, penanganan kemiskinan dan penanggulangan sosial merupakan program prioritas yang tidak hanya melibatkan pemerintah daerah namun juga keterlibatan masyarakat.

“SLRT ini bertujuan untuk lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi sistem perlindungan sosial di kotamobagu baik kemiskinan, kerentanan dan kesenjangan sosial,” kata Adnan, Kamis (04/10/2018).

Menurutnya, selain untuk perlindungan sosial, SLRT juga adalah akses untuk meningkatkan rumah tangga keluarga miskin dan rentan miskin terhadap multi program layanan kesejahteraan sosial.

“Ini juga untuk meningkatkan kapasitas daerah dalam pemutahiran basis dan terpadu dalam program penanggulangan kemiskinan secara dinamis dan berkala, yang pemanfaatannya menunjukan arah di berbagai program tentang kegiatan kebijakan sosial dan penanggulangan kemiskinan di daerah,” ujarnya

Untuk itu, Adnan berharap para pelakasana SLRT dapat membantu warga yang menjadi rujukan terpadu dalam pelaksanaan program yang dimaksud.

“Nah, jadi jika ada warga uang kurang mampu itu wajib di data, kemufian diusulkan, ada juga usulan dari masyarakat itu harus diteruskan ke tingkat selanjutnya dalam rangkan penangulangan kemiskinan ini,” pungkasnya.