KOTAMOBAGU– Profesi petani ternyata masih sangat diminati oleh para pemuda di Kotamobagu. Salah satunya sejumlah pemuda di Kelurahan Mongkonai, Kotamobagu Barat.

Mengatas namakan pemuda tani, mereka mampu menarik minat serta mampu menjadi inspirasi bagi kaula muda sebagai generasi penerus di Kotamobagu, di bidang pertanian dan perkebunan.

Semangat mereka ini, turut memberikan kontribusi bagi kemajuan Kotamobagu sebagai daerah yang memiliki kawasan pertanian sangat kecil di wilayah Bolmong Raya, namum tetap mampu menyediakan pangan dan hasil pertanian yang memadai.

“Alhamdulillah, digagasnya kelompok pemuda tani ini bisa membangkitkan gairah para pemuda untuk bercocok tanam,” kata Farid Potabuga, ketua kelompok pemuda tani.

Ia mengatakan, meski di era milenial, namun profesi tani memang masih sangat digemari oleh para pemuda.

“Menjadi seorang petani tidak harus menunggu usia tua. Justru disaat kita muda ini lah yang harus kita bergerak untuk bagaimana prpfesi tani memang mampu memberikan pendapatan ekonomi yang layak bagi kita,” katanya.

Lanjut pria yang hobi sepak bola ini, kelompok pemuda tani memiliki anggota yang lumayan banyak. Selain itu, setiap anggota akan mendapat bimbingan dan tata cara bertani agar mampu mengolah sektor pertanian atau perkebunan miliknya sendiri.

“Kita selalu sharing bagaimana cara menanam, misalnya cokelat, cabai, tomat dan lainnya. Sejauh ini tidak ada kendala dan kami menikmati profesi ini,” tukasnya.

Ia menambahkan, menjadi seorang petani tidak juga harus pemuda yang penangguran.

Pemuda yang memiliki aktifitas lain, juga bisa terjun di dunia pertanian.

“Justru akan lebih baik jika pekerjaan tani ini kita juga memiliki pekerjaan lain. Menjadi petani tidak harus setiap saat di kebun. Biasanya hari Sabtu maupun Minggu,” ujarnya.