KOTAMOBAGU– Menikmati suasana malam hari dengan secangkir kopi, tentu menjadi sebuah prestise tersendiri bagi pecintanya. Apalagi, bila minuman hangat tersebut diracik khusus dan menawarkan rasa yang spesial. Seperti yang disajikan Cafe Padepokan Kotamobagu.

Sajian kopi rebus dipadu gula merah (gula aren) ternyata memiliki kualitas rasa yang berbeda. Selain nikmat saat diseruput, kopi gula merah ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

“Bagi orang yang tidak suka minum kopi, maka semua kopi akan dianggap sama saja. Sebaliknya di kalangan para pecinta kopi, minuman hangat ini memiliki filosofi tersendiri, terutama pada kualitas taste-nya. Atas dasar inilah, kami menciptakan kopi rebus gula merah sebagai minuman andalan tempat ini,” kata Fauzi Permata, pemilik Cafe Padepokan.

Dia menambahkan, karena telah ditetapkan menjadi salah satu ciri minuman di tempatnya, maka perlakuan pada kopi satu ini sangat berbeda, terutama pada teknik meraciknya. Adapun bahan yang digunakan, berasal dari biji kopi lokal pilihan yang dipadukan dengan gula merah.

“Untuk mengolahnya, kami mengawalinya dengan mendidihkan air. Setelah air matang, maka bubuk kopi mulai direbus dengan temperatur suhunya terukur selama kurang lebih Tiga menit. Setelah itu, kopi rebus tadi kita sajikan. Sementara gula merah biasanya kita sajikan terpisah, pelanggan yang menentukan takaran sesuai keinginan mereka,” ujarnya.

Lanjut Fauzi, kopi rebus gula merah tersebut, sangat digemari oleh kalangan masyarakat di Kotamobagu. Bahkan, tak sedikit para pejabat pemerintah maupun swasta, datang berkunjung ke Padepokan untuk menikmati sajian kopi rebus gula merah.

“Alhamdulillah, kopi rebus gula merah ini menjadi favorit banyak orang di Kotamobagu. Kami juga di Padepokan menyajikan menu yang semuanya tradisional termasuk kopi gula merah ini,” kata Fauzi.

Meski terbilang simple cara meraciknya, tapi taste dari kopi ini cukup menggugah selera, apalagi tidak menggunakan gula putih seperti kopi pada umumnya. Berdasarkan pengalaman para pelanggan, citarasa kopi ini lebih strong, seperti layaknya ginseng.

“Saya penikmat kopi. Namun saat merasakan kopi rebus gula merah khas Padepokan, saya menemukan rasa yang unik dan rasa manisnya alami. Agak mirip-mirip kopi gingseng sih,” ujar Hamka Mamonto.

Hal senada juga diakui Indra Mokodompit. Musisi Kotamobagu ini mengatakan, saat pertama menyeruput kopi rebus gula merah itu, dirinya langsung ketagihan. Selain murah kata Indra, sajian kopi yang satu ini mampu membuat penikmat kopi merasa segar dan sehat.

“Soal rasa sudah ga bisa diragukan. Saya sangat suka karena gula merah ini beda dengan gula putih yang banyak risikonya terhadap kesehatan. Harganya sangat terjangkau. Saya pokoknya bakal sering ke Padepokan untuk kopi yang satu ini,” katanya.