KOTAMOBAGU-  Kotamobagu, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kotamobagu.

Tak hanya pencegahaan penyakit menular, penyakit yang tergolong tidak menular pun intens dilakukan pemeriksaan sebagai program kota sehat.

“Tahun ini kami memiliki program pemeriksaan penyakit tidak menular. Itu dilakukan setiap tahunnya, saat sekarang  sedang berjalan,” kata Kepala Dinkes, Devie C.H, Lala, Selasa (16/10/2018).

Menurutnya, ada beberapa kriteria penyakit yang tidak menular, seperti hipertensi, gula dan lainnya. Ada Lima Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang siap melakukan pemeriksaan diwilayah masing-masing.

“Sasarannya semua masyarakat. Jadi setiap masyarakat bisa melakukan pemeriksaan secara rutin di tiap Puskesmas,” ujarnya.

Ia menjelaskan, beberapa penyakit tersebut memang tidak menular. Namun apabila masyarakat tidak mengatur pola makan dan gaya hidup, akan dapat memicu datangnya berbagai penyakit.

“Penyakit bukan tidak menular, tetapi dia bisa saja menular itu dari perilaku dan gaya hidup, pola konsumsi. Nah, itu yang rutin kami periksa setiap tahunnya,” tutupnya.