KOTAMOBAGU– Pemkot melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Kotamobagu, menjadwalkan penyerahan sertifikat  Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk 2.100 bidang tanah yang ada di Kotamobagu.

Kepala Bagian Tapem, Marham Anas Tungkagi, mengatakan penyerahan sertifikat akan dilaksanakan pada bulan Desember 2018 mendatang.

“Program PTSL progeresnya sudah didata untuk pengumpulan lanjutan ini, jadi kita percepat kegedung DPR sudah dalam proses percetakan sertifikat, targetnya Desember sudah diserahkan,” ungkap Anas, Rabu (17/10/2018).

Menurutnya ada 2.100 bidang tanah yang sudah dilakukan pengukuran, jumlah itu merupakan lanjutan dari program PTSL pada Febuari lalu.

“Pengukuran sudah rampung, namun masih ada beberapa bidang yang akan kami turun lagi untuk menelusuri dengan DPR terkait batas-batas pemilik. Sebelum sertifikat-setifikat kita akan verifikasi lagi berkas kelengkapan dari masing-masing itu,” terangnya.

Lanjut Anas, pengukuran bidang tanah pada tahap ini paling besar di wilayah Kotamobagu Timur. Menurutnya, wilayah tersebut belum dilakukan pengukuran.

“Jadi tahap ini paling dominan di Kotamobagu Timur. Kalau di Utara tidak ada sama sekali. Kalau tahun lalu Utara paling banyak. Dan sekarang timur paling besar, selatan dan barat itu 30 persen, sedangkan ditimur itu sekitar 60 persen,” ujarnya.