KOTAMOBAGU– Olah raga Paralayang sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat yang suka dengan tantangan. Bahkan olah raga ekstrim ini juga digemari oleh para wisatawan dari berbagai negara.

Jika Kotamobagu memiliki lokasi Paralayang, selain mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga akan mendorong potensi pariwisata di daerah ini.

Nah, di gunung Sia’ Kotamobagu ternyata memiliki puncak gunung yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi Paralayang hingga tempat rekreasi.

Nantinya lokasi ini akan dimanfaatkan sebagai salah satu lokasi pariwisata andalan Kotamobagu.

“di gunung Sia’ kita bisa melihat seisi Kotamobagu hingga sebagian wilayah Kecamatan Lolayan. Itu karena lokasi ini sangat tinggi dan bisa disebut negeri di atas awan,” kata Kepala Desa Sia’, Herto Balansa.

Menurutnya, lokasi yang terletak di perkebunan Sia’ itu direncanakan akan dijadikan lokasi Paralayang.

“kami sudah berkomunikasi dengan pihak Dinas Pariwisata dan Kominfo untuk rencana pembukaan cagar wisata di gunung Sia’ ini. Juga rencana tempat Paralayang ini kami sampaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Moh. Agung Adati, mengatakan pihaknya akan melakukan peninjauan lokasi yang berpotensi menjadi objek wisata di Kotamobagu.

“Benar, lokasi itu katanya sangat bagus dan indah serta berada di puncak gunung yang cukup tinggi. Nantinya kita akan turun memonitor langsung lokasi itu,” ujarnya.