KOTAMOBAGU– Portal Parkir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu mulai dioperasikan. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu, Nasli Paputungan, melalui Kepala Bidang Lalulintas dan angkutan Jalan Hisam Paputungan mengatakan, portal parkir tersebut guna menopang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Sesuai Instruksi Walikota, Portal parkir tersebut sudah mulai dioperasikan, untuk mendongkrar PAD Dinas Perhubungan,” ungkal Hisam, Senin (16/9/2018).

Untuk retribusi tarifnya kata Hisam, masih mengacu pada Perda no 5 tahun 2011, yaitu untuk kendaraan roda tiga atau Bentor tarif masuknya Rp300, sepeda motor Rp500, kendaraan penumpang  Rp500, dan mobil umum Rp1000.

“Itu berlaku satu kali masik saja. Jadi biar masuk dari pagi keluar malam tetap sepetrti itu tarifnya. Sedangkan untuk karyawan rumah sakit itu tidak dikenakan tarif baik Dokter, Perawat dan lainnya, karena itu sesuai petunjuk Sekda,” katanya

Menurutnya, pencapaian PAD lewat sektor perparkiran sangat membantu, sehingga diharapkan dengan portal parkir tersebut bisa menambah PAD Dishub Sendiri.

“Target PAD di Dishub tahun ini sebesar 2,8 Miliar. Pencapaiannya baru sekitarc70 persen atau 1 mikiar lebih. Sehingga dengan dibukanya portal parkir tersebut, mudah-mudahan, pencapaian PAD dari sektor perparkiran itu bisa naik signifikan, sebab sampai hari ini pencapaian tardet PAD baru sekitar 70 persen, sedangkan targetnya 2,8 miliar,” pungkasnya.