KOTAMOBAGU– Siapa tak tahu film fiksi ilmiah Transformers besutan Sidney ini. Film yang menceritakan tentang robot super hero, dimana pasukan autobots yang dipimpin panglimanya Optimus Prime mampu merubah diri dari sebuah mobil menjadi robot raksasa untuk membela manusia dari serangan musuh Deception yang dipimpin Megatrone.

Nah, kisah fiktif ini rupanya mempengaruhi Pemkot Kotamobagu dalam menciptakan terobosan dalam melaksanakan pelayanan bagi masyarakat.

Diberi nama Animal Prime, dua kendaraan truk Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) disiapkan untuk melayani masyarakat di Kotamobagu.

Memang tak bisa berubah seperti kendaraan yang ada di film Transformers. Namun, kendaraan ini akan bermanfaat sebab bisa menyedot tinja manusia.

“Alhamdulillah, dua unit kendaraan truk Animal Prime sudah ada. Nantinya tinja masyarakat akan disedot oleh kendaraan ini,” kata Kepala Dinas PRKP, Imran Amon, Senin (03/9/2018).

Imran menjelaskan, fungsi kendaraan itu selain dapat menyedot tinja, juga mampu mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kotamobagu terus memaksimalkan program kota sehat. Sehingga itu, dengan adanya mobil tinja ini akan mampu mendorong program tersebut,” katanya.

“Dua kendaraan ini sudah siap operasi. Namun agar maksimal, mulai dari kesiapan tim khusus hingga Perda tentang pengelolaan tinja masih akan dirampungkan,” ujarnya.

Saat ini lanjut Imran, Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (PLT) yang terletak di Desa Bungko, juga masih menunggu perampungan.

“Nah, selain tenaga akan dilatih, juga PLT yang dianggarkan lewat APBD akan dirampungkan dulu. Luas lokasinya hampir dua hektar. Ini penting agar kita sudah punya terminal pengelolaan lumpur tinja dan ditunjang juga dengan tenaga yang profesional,” imbuhnya.

Lanjutnya, masyarakat bisa memanfaatkan kendaraan tersebut dengan menghubungi Dinas PRKP.

“Tahun ini IPLT ditargetkan selesai dibangun. Sehingga masyarakat tidak perlu membuang tinja atau saluran ke sungai sebab itu dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit. Nantinya keluhan masyarakat bisa diatasi. 2019 nanti Insha Allah sudah running,” pungkasnya.