KOTAMOBAGU – Jelang Pileg dan Pilpres tahun 2019 nanti. Pemerintah Kota Kotamobagu dan Polres Bolmong menggelar deklarasi pemilu damai, Selasa (18/9/2018) bertempat di lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu.

Sambutan Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, yang dibacakan oleh Sekkot Adnan Massinae menyampaikan, deklarasi ini merupakan wadah dan upaya kita bersama untuk mewujudkan pelaksanaan pemilihan umum yang aman, damai berkualitas serta bermartabat.

Sebagaimana diketahui, bahwa pelaksanaan pemilihan umum merupakan sebuah sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat berdasarkan Pancasila sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Selain itu, dalam rangka mendapatkan suksesnya pemilihan umum, maka salah satu unsur penting yang menentukan sukses atau tidaknya pesta demokrasi ini adalah partisipasi dari seluruh elemen masyarakat.

“Partisipasi masyarakat yang saya maksudkan, tidak hanya sebatas tentang partisipasi masyarakat yang memberikan hak suaranya pada saat hari pemilihan nanti, namun juga tentang bagaimana partisipasi dari seluruh masyarakat dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya pemilihan di daerah ini,” ujarnya.

Diingatkan, bahwa pemilu hanyalah sebuah sarana untuk dapat menyalurkan hak-hak politik masyarakat, namun hal yang paling penting serta harus diutamakan adalah bagaimanan agar nilai-nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan khususnya diwilayah Kota Kotamobagu yang selamah ini telah terbina dengan sangat baik, dapat terpelihara, baik itu sebelum maupun sesudah pelaksanaan pemilihan Legislatif maupun pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 mendatang.

“Diharapkan, kepada seluruh elemen masyarakat serta semua pihak yang terkait untuk mensukseskan seluruh tahapan pemilihan legislatif dan Presiden serta Wakil Presiden tahun 2019, agar nantinya pelaksanaan pemilihan dapat terselenggara aman, damai, demokrasi dan sukses,”tandasnya.

Deklarasi tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Kota Kotamobagu (Sekkot) Adnan Massinae, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Bawaslu Kotamobagu, KPU Kotamobagu, jajaran Polres Bolmong, Kodim 1303 Bolmong, Partai Politik, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, ASN, dan Linmas.