Ilustrasi

NASIONAL – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Safruddin, telah mengumumkan terkait perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS), Kamis (6/9/2018) di kompleks Bidakara, Jakarta.

Dalam pernyataannya, Safruddin mengatakan bahwa, rencana tahapan seleksi dimulai pada bulan september, diawali dengan pengumuman, pendaftaran kemudian verifikasi administrasi pada minggu kedua hingga oktober 2018.

“Pelaksanaan seleksi pada minggu ketiga Oktober 2018 (SKD dan SKB). Pengumuman kelulusan pada minggu keempat November 2018. Sedangkan tahap pemberkasan dimulai pada bulan Desember 2018,” katanya dikutip humas Kemenpan RB.

Baca : Pendaftaran 238 Ribu Formasi CPNS Dibuka September

Formasi CPNS tahun ini sebanyak 238.015 formasi dengan rincian 51.271 formasi untuk 76 kementerian dan lembaga, sedangkan untuk pemerintah daerah (Pemda) sebanyak 186.744 formasi.

Rekrutmen CPNS 2018 juga membuka formasi khusus yang terdiri dari lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, olahragawan berprestasi internasional, serta tenaga pendidik dan tenaga kesehatan honorer kategori II (K2) yang memenuhi persyaratan.

Khusus untuk honorer K2, pemerintah akan memvalidasi honorer K2 yang berhak mengikuti tahapan seleksi CPNS.

Mereka yang memenuhi syarat tes khusus dan berhak mengikuti seleksi yakni, yang sudah mengabdi puluhan tahun, status K2, pendidikan S1, dan usia di bawah 35 tahun.  

Penulis : Rahmat Putra