Istimewa

BOLMONG – Masih adanya aparatur sipil negara (ASN) Bolaang Mongondow yang sering bolos disaat jam kerja masih berlangsung, kembali mendapat teguran dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong.

“Bupati dan Sekda hampir disetiap kesempatan sering menekankan soal disiplin pegawai. Jangan karena urusan prbadi kemudian mengabaikan tanggungjawabnya,” kata Kepala BKPP Umaruddin Amba, Selasa (4/9/2018).

Umaruddin mengingatkan kepada pimpinan SKPD di instansi masing-masing agar memperhatikan disiplin pegawainya.

“Memaksimalkan kinerja serta disiplin bagi ASN jangan hanya bertumpu kepada BKPP, namun perlu ada pengawasan dari pimpinan SKPD,” kata mantan Camat Dumoga Utara itu.

 “Jadi kalau ada PNS yang tidak disiplin dilingkup SKPD tersebut, maka diselesaikan terlebih dahulu di instansi masing-masing,” tambahnya.

Kepala Bidang Penindakan Disiplin, BKPP Bolmong, Abdussalam Bonde menambahkan, pimpinan SKPD ketika mendapati pegawainya yang bolos harusnya segera bertindak, jika tidak, pimpinan SKPD itu yang mendapat tindakan disiplin.

“Sesuai dengan ketentuan peraturan bahwa pembinaan dan penegakan disiplin pegawai menjadi tugas dan tanggungjawab atasan langsung. Jika terjadi pelanggaran disiplin maka yang wajib memanggil dan memeriksa pertama kali adalah atasan langsung”, kata Adul sapaan Abdussalam.

“Jika tidak diberikan sangsi maka pejabat tersebut juga dikenai sanksi disiplin sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan anak buahnya,” tambahnya.

Penulis : Pratama