BOLMONG – Tiga Pimipinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow resmi dilantik. Pelantikan yang dilaksanakan di Birawa Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta Rabu (15/8) di ikuti 1.914 anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia bersama Ketua Bawaslu RI Abhan beserta jajaran.

Ketiga Pimpinan Bawaslu Kab Bolmong tersebut masing-masing Bapak Pangkerego, Jerry Mokoolang dan ibu Erni Mokoginta. Menariknya, pelantikan tersebut memecahkan Rekor Museum Indonesia (MURI) sebagai kategori pelantikan pejabat publik terbanyak.

Menurut Abhan, keberhasilan Bawaslu dalam memecahkan Rekor MURI ini merupakan yang pertama kalinya pelaksanaan pelantikan Bawaslu seluruh Indonesia. “Terdapat 1.914 jajaran anggota yang siap mendedikasikan diri untuk Pemilu yang lebih baik. Ini akan menjadi semangat serta spirit bagi Bawaslu dalam mengawal pelaksanaan Pemilu di Indonesia,” ungkap Abhan.

Dia menambahkan, seleksi anggota Bawaslu kabupaten/kota ini diadakan selama dua bulan, sejak Juni hingga Agustus 2018. Dia menjelaskan, bukan hanya kuantitas yang menjadi prioritas Bawaslu, tetapi juga kualitas jajaran pengawas dalam melakukan pengawasan. “Juga mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran, serta menyelesaikan sengketa proses Pemilu. Apalagi, tantangan yang akan dihadapkan Anggota Bawaslu masa jabatan 2018-2023 adalah Pileg dan Pilpres yang diselenggarakan secara bersamaan tahun 2019 mendatang, jadi¬† tanggung jawab Bawaslu Kabupaten/Kota dan Provinsi RI untuk mengawasi pemilu 2019 agar berjalan dengan baik dan sukses,” jelasnya.

Sementara itu, Pangkerego Pimpinan Bawaslu Bolmong menyampaikan, ucapan banyak terima kasih, karena telah menjadikan mereka sebagai bagian dari sejarah pertama, pelantikan Bawaslu kabupaten/kota se Indonesia, Katanya. ucapan terimakasih juga atas semua doa, sehingga masih bisa terpilih dan dapat diberi kepercayaan kembali menjadi Komisioner Bawaslu Bolmong, ujarnya.

“Banyak terimakasih, karena kami bertiga masih diberi kepercayaan untuk melaksanakan tugas sebagai pengawas pemilu. Mari sama-sama kita bergandengan tangan dengan Bawaslu demi mencapai suksesnya pemilu, sesuai komitmen kami Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu,” ungkap Pangkerego.

Sementara itu, Pimpinan Bawaslu Bolmong Jerry S. Mokoolang menyampaikan, sangat bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang masih diberikan kepada ke tiga Komisioner Bawaslu Bolmong. “Tentu sangat bersyukur, dan berkomitmen untuk membawa Bawaslu Bolmong semakin baik dalam pengawasan yang tentu didasari dengan aturan. Terima kasih kepada tim seleksi (Timsel), Bawaslu RI, Bawaslu Provinisi, dan semua yang terlibat,” tutur Jerry.

Senada juga disampaikan Erni Mokoginta, dirinya mengucapkan banyak terimakasih atas suport dan dukungan dari semua pihak, sehingga ke tiga incumbent Bawaslu bisa melanjutkan lagi amanah sebagai Pimpinan Bawaslu Bolmong perdana periode 2018-2023.¬† “Alhamdulillah sudah dilantik. Tentu, kerja sama serta tim yang kompak yang dibangun bisa dipertahankan. Kita juga berkomitmen bersama akan menjadikan Bawaslu Bolmong lebih berintegritas, profesional dan bermartabat,” tutupnya.

Sekadar diketahui, Pelantikan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia dihadiri oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua KPU RI Arief Budiman, serta perwakilan sejumlah lembaga negara.